Wednesday, May 3, 2017

Magang / PKL di Bank Indonesia Bandung KPw Jabar beserta Contoh Laporan Magang

Hai Para pembaca, 
Di Postingan ini, saya akan berbagi pengalaman magang saya selama di Bank Indonesia


Seperti kita tahu, Bank Indonesia merupakan Induknya perbankan yang ada di indonesia. Yang Berfungsi sebagai pengatur lalu lintas pembayaran, seperti percetakan uang, peracikan uang, juga penetapan suku bunga. 

Bekerja di Bank Indonesia merupakan Idaman setiap orang. Dan Bagi kalangan mahasiswa untuk bisa magang di Bank Indonesia merupakan suatu prestisius.
Dan Saya seorang mahasiswi dari Fakultas Ekonomi, berkesempatan bisa magang di Bank Indonesia.

Ngomong-ngomong soal magang, begini ceritanya
Jumat, 7 April 2017
Awalnya,
Saya sekedar ikut teman untuk menanyakan prosedur kegiatan  magang di BI.
Pertama kita menuju ke bagian Logistik, lalu di beri arahan untuk menemui bagian perpustakaan karena urusan anak magang yang handle itu bagian perpustakaan. (Untuk BI KPw Jabar ya)
Disana saya dan rekan saya bertanya bagaimana prosedurnya, apakah masih bisa menerima peserta magang atau tidak, dsb.

Anggapan saya sebelum nya, untuk bisa magang di BI tidak lah mudah. Tapi setelah saya pertimbangkan,
Selain suasana kerja yang nyaman, kondusif, keren, dapet gaji, kadang makan gratis pula. Akhirnya saya mencoba daftar menjadi peserta magang di Bank Indonesia.


Lalu, saya meminta pihak kampus untuk dibuatkan surat ajuan magang. Setelah surat ajuan magang bisa diambil, saya kembali ke Bank Indonesia untuk menyimpan persyaratan magang/PKL berupa;
  • Surat Ajuan magang dari kampus
  • CV terbaru, menarik dan
  • Photo 1 buah ukuran 3x4
Semua persyaratan di masukan ke dalam amplop coklat yang biasa di pakai buat melamar kerja

Nah, Untuk kepastian jadwal dan di terima atau tidaknya kita di tempat magang, sebaiknya kita follow up terus tempat magang yang bersangkutan. Dan pengajuan sebaiknya dari 2-3 bulan sebelum nya.


3 minggu kemudian dari penyerahan ajuan magang. Hari Selasa 25 April 2017
Sekitar jam 11 siang saya dapat pemberitahuan via telephone dari Bank Indonesia. Begini pemberitahuan nya;
"Mba Mira, Kami dari Bank Indonesia. Mau konfirmasi Rabu 26 April 2017  mba bisa mengisi program magang dari Bank Indonesia. Dengan Drescode; Hitam putih di hari Senin, Rabu, Kamis. Dan Batik hari selasa jumat. Pakai Sepatu kantor. Untuk perempuan harus mengenakan Rok. Yang di bawa handphone dompet dan alat tulis"
(Ya tuhaaan, bisa juga bikin si emak bangga!!) Alhamdulillah saya di permudah.
Saking senengnya, mau itu kuliah belum selesai, mau lagi sakit, mau lagi ujan badai, Gak peduli !
Saya langsung konfirmasi bahwa saya bisa mengisi periode magang yang Bank Indonesia jadwalkan. Jadilah saya peserta magang di BI 🤗

Di hari pertama magang.
Rabu, 27 April 2017 
Jam 6:30 pagi saya sudah sampai di Bank Indonesia, dengan Drescode sesuai ketentuan dari BI. Memasuki Loby BI disana berkenalan dengan mahasiswa & mahasiswi dari universitas lain. Lalu Breefing, pembagian job desk unit, dan perkenalan divisi. Lalu saya langsung di kasih kerjaan pada hari itu juga.
Jam kerja Peserta magang yaitu 
dari jam 07:10 - 17:00
Istirahat 12:00 - 13:00

Disini Pembagian unit kerja bermacam-macam, dari mulai unit SDM, Akunting, Assesment, Arsip, Kas, Fppu, Logistik, KI, Humas, Kliring, Statistik, dll. 

Saya di tempatkan di bagian FPPU (Fungsi pelaksanaan pengembangan UMKM) Divisi pengembangan ekonomi di Lantai 3.

Magang Bank Indonesia
Setiap kerjaan dikantor di setiap unitnya berbeda. Karna kita hanya membantu kerjaan para pegawai. 
Disni kita learning by doing. Apa pun kerjaan yang kita terima, itu merupakan proses pembelajaran. Kita berhadapan dengan segelimet Pekerjaan, mengenalkan kita beginilah dunia kerja dengan berbagai jenis, beragam penyelesaian, dan beragam skill yang di butuhin. (Woles aja. Ga jauh kaya ngerjain tugas kuliah kq, dan temen2 magang seperjuangan biasanya saling bantu).

Berbekal agar proses selama magang lancar, Setidak nya ngerti sedikit Microsoft word dan Microsoft excel. Tapi ga usah hawatir, saya aja pas awal magang, cuman faham dikit Microsoft excel, kebanyakan saya juga belajar di kantor (ciee anak kantooor).

Oh iya, Khusus setiap hari jumat, kita di haruskan ikut olah raga pagi, senam zumba Gratis! selesai olahraga dapet makanan gratis pula 😁
staff dan anak magang selesai senam zumba
Pada awalnya yang bikin saya semangat magang di BI karena dapet fee/gaji. Tapi yang saya dapatin lebih dari itu. Diantaranya, saya belajar banyak tentang penggunaan Microsoft excel, banyak ngetik, belajar nge-fax, Scand, bikin surat, nginput pajak, ngitung duit, selain itu juga saya berkesempatan ngelatih Communication skill; Seperti jadi MC Company visit Kampus yg dateng ke BI, belajar jadi CS juga, yaitu nelfonin anak magang periode selanjutnya. Belajar lebih disiplin, melatih mental, dapet temen baru, dan Pengalaman baru pastinya. Juga lumayan kan buat tambahan di CV. See?? kita dapet lebih dari sekedar kepengen fee dari hasil magang.
from instagram altamira_zh

Untuk Periode magang di sini minimal 15 hari kerja (3 minggu) sampai dengan 1 bulan. 
Untuk beberapa universitas yang di tentukan periode magangnya, bisa minta perpanjangan periode magang ke menejer / staff Unit dimana kamu di tempatin. 
Sekalian bangun relasi sama staff di BI.

Setelah saya magang di tempat sebelum dan sesudahnya, Bank Indonesia emang paling nyaman buat kerja, buat magang, juga buat nambah pengalaman. Selain dapet fee, dapet gengsi, juga lingkungan kerja yang super duper nyaman, bersih dan adem. Meskipun jajanan kantin nya agak mahal. Kadang saya dan rekan magang seperjuangan, bela belain nyari makan di luar kantor.


Setelah selesai magang, kita diharuskan membuat laporan magang, untuk pertanggung jawaban dan pengambilan uang gaji kita selama kegiatan magang.

contoh laporan magang nya seperti ini
https://drive.google.com/file/d/0B5B3N3-JJS7-OWJmZzZ1ODlFLUE/view?usp=sharing

Gaji anak magang emang ga seberapa, tapi cukup buat ganti transportasi sama makan siang saya selama magang.
Tapi, saya memilih untuk tidak memakai gaji tersebut. Karena ada alasan lain, mau gaji dari Bank indonesia tidak di ambil, atau di ambil disedekahkan atau di pakai tergantung opini masing-masing.
Magang bank Indonesia
Finally, Itu dia Cerita Pengalaman dan tulisan Blog pertama saya. Semoga bermanfaat.
Yuk share pengalaman magang kalian.
Salam Aksara 😊

36 comments:

  1. Kerennnn... Sempet ketemu ibu ga di kliring?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sempat ibu, saya teman dekatnya azhariadevi yang bulan mei magang di bagian kliring. Hehehe

      Delete
  2. Halo ka. Saya rencana untuk magang di BI bulan depan. Kalau boleh tanya waktu kaka bikin surat ajuan magang, tujuan suratnya ke bagian apa ya?
    Terimakasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo ka najwa, waktu saya bikin surat ajuan magang di tunjukan nya ke BI saja, tidak perlu bagian2 apa, ini kalo untuk BI KPw Jabar ya. Karena nanti di hari pertama di bagi2 unit.

      Delete
  3. ka, ini lokasinya dimana ya? hehehe kebetulan ingin pengajuan jg untuk ppl

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk Alamat Bank Indonesia KPw Jabar di Jalan Braga sebrang Balai kota Bandung

      Delete
  4. Halo mau nanya kalau udah ngasih surat ke BI ada tata cara lain lagi nggak kak? Makasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau sudah kasih surat2, Coba ka tanya ke bagian perpustakaan, namanya pak yogi untuk konfirmasi jadwal magang. Saya aja sampai 2x datang untuk memastikan jadwal

      Delete
  5. Kaa ingin bertanya sebelum ngasihin surat2 persyaratannya, kaka survey dulu ga ke BI nya? Misal tanya2 dulu ke bagian mananya untuk informasi magang

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya langsung ngasihin surat2 sih ka, nah skalian pas itu aku nanya2 tentang magang, tapi staff BI nya agak sibuk jadi saya survey sedikit. selebihnya saya follow up lagi ke BI perihal jadwal magang saya dapatnya kapan

      Delete
    2. Kaaak mau Tanya bentuk follow up nya gimana, lawat tlpon, email apa datang langsung ke tempatnyaa?

      Delete
    3. datang langsung saja lebih enak, dateng ke yg dulu kita serahin persyaratan magang

      Delete
  6. halo kak.. saya mahasiswi Hubungan Internasional. Mau nanya kalau di BI ada bagian yang berhubungan dengan jurusan saya gak ya? soalnua saya pengen magang di BI.

    ReplyDelete
    Replies
    1. haloo kak astriana, perihal Unit yg berhubungan dg Hubungan Internasional, saya kurang tau baiknya masukke unit mana, tapi sewaktu angkatan magang saya, banyak banget anak HI, ada di bagian Kas, UMKM, FPPU, dll.. coba saja kakak ajukan nanti bisa di utarakan ke bagian yg mengurusi anak , pak yogi namanya

      Delete
  7. halo kak, aku berminat buat magang di BI. boleh minta minta kontak kakak, mungkin email, buat aku tanya-tanyain klo berkenan. terima kasih

    ReplyDelete
  8. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  9. Halo kak. Mau nanya buat anak jurusan bahasa indonesia berkesempatan juga ga ya buat magang di BI? Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haloo ka mei. Jurusan bahasa yah, boleh coba saya ka ajukan ke Bank Indonesianya, bisa ko, asal mematuhi peraturan selama magang ka. Lumayan loh untuk pengalaman di dunia kerja

      Delete
  10. 1 bulan tuh masuknya 1 bulan kalender atau 1 bulan kerja?

    ReplyDelete
  11. 1 bulan hari kerja ka bukan yg kalender.

    ReplyDelete
  12. Halo kak, mau tanya sewaktu kaka apply buat magang apakah juga melampirkan proposal?

    ReplyDelete
    Replies
    1. engga ko saya ga lampirin proposal, tapi kalo mau lampirin lebih bagus

      Delete
  13. Assalamualaikum, wah makasih kak sudah berbagi pengalamannya saya jadi tertarik. Mau tanya kak, saya dari jurusan ilmu perpustakaan kira-kira berkesempatan juga ga ya magang di BI? Ohya apakah harus melampirkan proposal?

    ReplyDelete
    Replies
    1. waalaikumussalam, iyah sama sama semoga bermanfaat yah.
      jurusan I juga ada bagian perpusnya loh, bisa di tempatkan di unit itu. waktu angkatan magang saya tidak lampirin proposal kak, mungkin tidak harus

      Delete
  14. Kalo boleh tau gaji nya berapa ya mba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah kalo untuk fee sih saya ada bagian di lapangan juga selama 3 hari waktu itu. kalo fee yg sya terima pas selesai magang -+ 500 ribu kak, kalo unit lain mungkin ada yg beda.

      Delete
    2. Kak, mau bertanya saat pengajuan surat magang itu diajukan untuk bulan apa? Apa untuk bulan April juga? Diatas ditulis tanggal 7 April kakak baru menanyakan prosedur magang ke BI lalu tanggal 25 April / 3 minggu sesudahnya kakak diterima. Tapi sebelumnya kakak menulis juga kalau pengajuan magang sebaiknya 2-3 bulan sebelumnya. Jadi apakah boleh kalau kita ingin magang pada bulan itu baru mengajukan surat magang? Terima kasih

      Delete
    3. halo kaka, saran saya pengajuan jauh jauh hari ka1-2 bulan sebelumnya.. takutnya kan kuota untuk bulan yg kaka minta kalo.mepet kuota nya penuh

      Delete
  15. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  16. maaf ka mau nanya. utk pengajuannya sebaiknya dateng ke BI dulu utk cari info magangnya atau bs datang 2-3 bulan sebelum lgsg dengan surat magang ya? trims.

    ReplyDelete
  17. Halo kak saya ingin bertanya untuk pengajuan nya kakak di semester berapa ya? Apakah bisa menentukan jadwal magang sesuai libur kuliah misalnya?

    ReplyDelete
  18. halo kak,mau tanya kalo konfirmasi magangnya setelah dpt telepon dari BI nya kah atau setelah kita menyerahkan lamaran nya ? terimakasih

    ReplyDelete
  19. hallo kak, maaf mau tanya apakah ada wawancara atau interview gak setelah mengirim surat ? dan ketika bertemu pak yogi itu membahas mengenai apa ?

    ReplyDelete
  20. Hallo kak, saya sangat senang membaca blog kakak, saya sangat teratrik ingin magang plus kerja di bank indonesia, bolehkah saya meminta email atau media sosial kakak, untuk sharing kak? Terima kasih

    ReplyDelete

Camping Gunung Putri lembang, Bandung

Suka Traveling, atau ingin rehat dari penat nya hiruk pikuk kota Bagi kalangan pecinta alam pasti camping menjadi hal yang di pilih untuk m...